Jaga Kebersihan! Komunitas Ruang Peradaban Bagikan Tong Sampah Di Desa Palembapang

Lampung Selatan – Komunitas ruang peradaban ajak masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan membagikan tong sampah di Desa Palembapang, Kalianda Lampung Selatan, Selasa (31/08/2021).

Dalam momen agustusan atau kemerdekaan Indonesia lalu, komunitas ruang peradaban, membuat tong sampah dan membagikannya dibeberapa titik di Desa Palembapang.

Sampah merupakan persoalan yang cukup serius. Karena Minimnya fasilitas dan pengelolaan sampah yang kurang baik di Desa Palembapang, akhirnya banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Imbasnya di musim penghujan beberapa titik di Desa Palembapang sering mengalami kebanjiran.

Terlebih, pengelolaan sampah seperti pengumpulan, pengangkutan, mendaur ulang material, yang belum maksimal menyebabkan dampak terhadap kesehatan lingkungan dan keindahan di Desa Palembapang.

Nasrulloh ketua komunitas ruang peradaban berharap kepada masyarakat desa Palembapang untuk menjaga lingkungan bersama-sama.

“Dalam semangat kemerdekaan ini mari kita lebih cinta dengan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan, saya juga berharap, baik dari pemerintah desa ataupun tokoh-tokoh pemuda Palembapang bisa sama-sama mengelola sampah yang ada di desa ini dengan baik” Ucap Nasrulloh.

Komunitas ruang peradaban membuat tong sampah dengan menggunakan limbah cat bekas yang kemudian diberi warna agar lebih menarik. Dengan biaya pembuatan dari sumbangan sukarela dari anggota komunitas ruang peradaban, tong sampah yang sudah jadi kemudian dibagikan ke tempat-tempat umum, Masjid dan beberapa dusun yang ada di Desa Palembapang. (ED)